travel agent adalah 1 Mei 2019, Terminal Khusus Penerbangan Biaya Murah Bandara Soetta Mulai Beroperasi
Pada Rabu (1/5/2019) Indonesia akan memiliki terminal khusus bagi maskapai penerbangan berbiaya murah atau disebut dengan low-cost carrier terminal (LCCT). Saat itu Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan mulai beroperasi sebagai LCCT yang khusus melayani penerbangan internasional.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan LCC Terminal 2F membuat Soekarno-Hatta diharapkan bisa memperluas konektivitas dan pangsa pasar khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah.
Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu, ujar Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (2/4/2019).
Awaluddin mengatakan, penumpang LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta pada tahun 2018 mencapai sekitar 30 persen dari total penumpang rute internasional yang berjumlah 15,5 juta orang.
Penumpang segmen LCC di Soekarno-Hatta juga masih tumbuh, di mana year-to-date periode 1 Januari hingga 24 April 2019 tercatat 1,34 juta orang atau naik hampir 2 persen dibandingkan dengan 1 Januari hingga 24 April 2018 sebanyak 1,32 juta orang, tambahnya.
Sementara itu, lanjutnya, pergerakan pesawat pada 1 Januari hingga 24 April 2019 mencapai 9.604 pergerakan atau naik 5,03 persen dibandingkan dengan 1 Januari hingga 24 April 2018.
Menurut Awaluddin, penerbangan murah menjadi tren di kalangan traveler khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial. Oleh sebab itu LCC Terminal 2F didesain sesuai kebutuhan traveler yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan.
Demi memenuhi kebutuhan itu, jumlah check-in desk di LCC Terminal 2F akan dikurangi dari 20 unit pada 2020 menjadi 10 unit pada 2022. Di sisi lain, jumlah fasilitas self check-in ditambah menjadi 40 unit. Seiring dengan itu, Fasilitas self bag drop ditambah dari 10 unit pada 2020, menjadi 20 unit pada 2022.
Pelayanan fokus pada digitalisasi seperti web check-in, self check-in dan self bag drop. Ini kami sebut dengan technology implementation for value added services. Berbagai layanan berbasis teknologi juga selalu di-update, lanjutnya.
Program aktivasi di terminal nantinya juga menjadi bagian penting pelayanan kepada traveler milenial.
Tidak hanya itu, maskapai LCC juga mendapat insentif landing rates jika membuka rute internasional baru ditambah dengan bebas biaya promosi di digital media dan sosial media milik Angkasa Pura II.
Adapun LCC Terminal 2F sendiri merupakan bagian dari revitalisasi menyeluruh di Terminal 2.
Saat ini Terminal 2 berkapasitas 9 juta penumpang per tahun, setelah revitalisasi usai pada 2022 maka kapasitas akan bertambah menjadi 24 juta penumpang per tahun," pungkas Awaluddin.
Comments
Post a Comment